membangun rumah

Semua Berawal

di Rumah

Rumah adalah hak dasar setiap orang, setiap orang memiliki hak untuk tinggal dan bertumbuh di rumah yang layak dan nyaman. Di rumahlah segala sesuatu berawal.

Masalah

Data menunjukkan sampai saat ini

· Ada 13.5 juta backlog rumah di Indonesia

· Ada 7.9 juta keluarga Indonesia tinggal di rumah tidak layak huni

(Sumber: BPS (Laporan Badan Pusat Statistik 2016))

Solusi

Habitat for Humanity Indonesia mengajak semua pihak baik individu, kelompok, segenap lembaga dan perushaan untuk berpartisipasi aktif dan nyata dengan mendukung program-program Habitat for Humanity Indonesia membangun rumah layak huni bagi kelurga-keluarga berpenghasilan rendah. Melalui program utama membangun rumah layak huni, Habitat for Humanity Indonesia mendukung program pemerintah “100-0-100”, khususnya untuk mengurangi daerah kumuh atau rumah tidak layak huni di Indonesia.

 

MEMBANGUN RUMAH

Fasilitas mandi, cuci, kakus yang layak adalah kebutuhan dasar bagi setiap orang. Namun, bagimana dengan warga Mauk-Tangerang dan Babakan Madang-Sentul, dimana masyarakatnya berpenghasilan rendah, sehingga cenderung tidak dapat menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membangun kakus atau kamar mandi sendiri? Langkah pertama kita bisa mulai dari membangun MCK bersama/komunal bagi mereka!

Mengapa Membangun MCK Umum?

1. Mengkomunalkan sarana mandi, cuci, dan kakus agar limbahnya mudah dikendalikan dan pencemaran lingkungan dapat dibatasi.

2. Memudahkan pengadaan air bersih.

3. Mengatasi sulitnya mencari ruang untuk lokasi sumur maupun kakus.

MCK Layak Untuk Warga

 
 

AKSES AIR BERSIH

Membangun saluran distribusi air bersih di Babakan Madang

Lebih dari 13.000 keluarga di Babakan Madang Kab Bogor Jawa Barat mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih di rumah mereka. Mereka harus berjalan dengan ember untuk mengumpulkan air dari sungai dan waduk, bahkan banyak keluarga harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih. Perempuan bertanggung jawab mengumpulkan air bersih ke dalam rumah.
Habitat for Humanity Indonesia telah bekerja dengan komunitas Babakan Madang sejak 2010 untuk memberdayakan warga dengan membangun rumah dan fasilitas pendukung, termasuk saluran distribusi air.


Datang bersama untuk memberdayakan masyarakat dengan membangun saluran air bersih di Babakan Madang, Sentul.

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram

© 2019 Habitat for Humanity Indonesia