Powering Collaboration

for Housing Impact

Kamis, 25 Juli 2019

JAKARTA DESIGN CENTER

JAKARTA

INDONESIA

4 SESSION

100 DELEGATES

Rangkaian kegiatan Indonesia Housing Forum 2019 terdiri dari Diskusi Panel, Pameran Poster dan Site Visit ke salah satu projek untuk rencana kolaborasi selanjutnya. Tema kegiatan tahun ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi demi perumahan berdampak di mana para pemangku kebijakan diharapkan membuka peluang kolaborasi seluas-luasnya supaya guna memperoleh solusi perumahan yang signifikan di Indonesia. Forum ini akan menghadirkan para penentu kebijakan, akademisi, perencana urban, arsitek, pengembang perumahan, lembaga nirlaba, peneliti, dan lain-lain. Indonesia Housing Forum juga merupakan bagian dari Asia Pacific Housing Forum yang telah terselenggara sejak tahun 2007 dan diikuti lebih dari 3.400 peserta dari 52 negara.

TUJUAN

Mengajak para peserta untuk berdiskusi tentang bagaimana berkolaborasi dalam mewujudkan perumahan layak huni di Indonesia yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Inovasi-inovasi seperti penggunaan teknologi tepat guna, skema pembiayaan, pemberdayaan masyarakat, inovasi kebijakan, dan jaringan kemitraan akan sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan perumahan di Indonesia.

Pameran poster bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas bahwa masalah perumahan terjangkau merupakan isu yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak dan tentunya dengan partisipasi lebih banyak masyarakat niscaya akan semakin membuahkan hasil. Pameran poster juga berupaya mengangkat berbagai inovasi yang mampu mendukung keberhasilan penyelenggaraan perumahan terjangkau yang berkelanjutan.

Kegiatan Site visit diharapkan dapat menjadi satu titik awal kolaborasi antara pihak- pihak yang terlibat dalam Indonesia Housing Forum 2019. Kegiatan yang bersifat kolaboratif ini pada akhirnya diharapkan tidak hanya menghasilkan buah pikiran melainkan juga suatu hasil yang lebih konkret pada lokasi tertentu.

Rangkaian kegiatan Indonesia Housing Forum 2019 ini juga diharapkan akan turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penyediaan rumah layak huni bagi MBR sebagai pintu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagai bagian dari kegiatan-kegiatan menyambut Hari Perumahan Nasional 2019.

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram

© 2019 Habitat for Humanity Indonesia